Tingkatan Kualiti Pasrah Hamba Allah

 

Tawakkal: Kepasrahan seseorang pada Allah pada umumnya. Hanya Dia pasrah, akan tetapi hatinya masih meronta-ronta ingin sukses apa yang dicapainya (masih ada keraguan akan kekausaan Allah). Namun ia menyadari bahwa semua itu adalah kehendak Allah sehingga ia pasrahkan semuanya kepada Allah. Inilah kepasrahan orang-orang awam pada umumnya. Dalam pendalaman ilmu hakekat, kepasrahan ini akan melahirkan energi spiritual sampai pada kedalaman level ma-unah

Tafwidl: kepasrahan level ini dijelaskan dalam al-Qur`an, Wa Ufawwidlu Amri Ilallah (Aku pasrahkan total segala urusanku kepada Allah). Inilah pasrahnya para wali Allah, orang sholeh, sufi, dll Allah, seluruh gerak-gerik hatinya langsung dari Allah. Karena ia menyadari dari Allah, lalu menuju hanya kepada Allah. Artinya hidupnya selalu bersama Allah dan matipun menuju Allah. Dalam pendalaman ilmu hakekat, kepasrahan ini akan melahirkan energi spiritual sampai pada kedalaman level karomah.

Istislam: Yaitu kepasrahan lahir batin, total keseluruhan hanya kepada Allah. Selain Allah adalah batil untuk dipasrahi. Inilah kepasrahan level tertinggi dalam segala ilmu yang diajarkan para Nabi dan Rasul. kepasrahan level ini melahirkan pendalaman energi sampai pada level Mu`jizat.

One response to “Tingkatan Kualiti Pasrah Hamba Allah

  1. ketika pasrah total sgl urusan kita pada Allah,maka Allah akan mnangani sgl urusan kita total dlm sgl hal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s